Komunikasi keluargaku

Forum keluarga hari 1 

Ini tantangan untuk membangun komunikasi dalam keluarga dari kuliah ibu profesional yang saya ikuti. Bertahun-tahun berumah tangga ternyata kami tidak pernah membuat forum komunikasi dalam keluarga :). Tugas ini terasa berat bagi saya, jam untuk berkumpul bersama tidak pernah ditetapkan. Kadang saat makanpun tidak pernah bersama-sama karena kesibukan. Ini sih alasan hihihihi, sibuk nonton tv yang lebih tepat. 

So bagaimana saya harus memulainya?? Tiba-tiba terlintas kenapa saya tidak share tugas ini dengan suami tercintah. Tidak perlu di tunda hal baik harus segera di kerjakan, saya share wa dr forum dengan suami. Dengan tambahan kalimat “bantu saya mengerjakan tugas ini” πŸ™‚

Malam hari, tepatnya tanggal 24-1-2017 forum komunikasi keluarga dibentuk. Hmmm terasa formil ya bahasanya hihihi. So topik apa yang mesti dibahas, bingung banget, terasa kaku. Untung suami termasuk orang yang tanggap, cerita lucu mengawali komunikasi. Semua tertawa terbahak-bahak termasuk saya :). Tanpa disangka si bontot nyeletuk, “sekarang giliran mama cerita” . Walah mo cerita apa? Bingung juga, menggali ingatan mencari-cari cerita lucu yang pernah di dengar dan dibaca. Syukurlah terlintas satu cerita dan saya pun bercerita. Semua tertawa mendengar cerita saya. 

Kembali si bontot berkata “sekarang giliran kakak yang cerita”. Si kakak kaget dan bilang ga punya cerita. Saya pun lebih kaget, tanpa saya sadari ternyata anak pertama saya tidak terbiasa bicara di depan forum dia kikuk untuk bercerita. Saya merasa bersalah kemana saja saya sebagai ibu sampai2 tidak bisa memahami anak sendiri. Sedangkan si bontot dia lebih mendominasi forum ini, sebentar2 dia bilang sekarang aku yang cerita. Dan tidak mau kalah dengan yang lain, maunya diperhatikan. πŸ™‚

Masih banyak hal yang harus saya lakukan, dari forum kumunikasi hari 1 saya paham bahwa sangat diperlukan waktu bersama keluarga untuk bercakap2 walaupun itu hal2 ringan. Kebiasan anak akan rerlihat, hal apa yang harus di lakukan untuk anak demi kebaikannya juga terlihat.

Cerita lucu bikin relax dan gembira

Forum kami sangat santai, bercerita hal lucu sambil tiduran. Belum sampai membahas hal2 yang berat, supaya anak2 senang berkumpul bersama. Next agenda percakapan akan disusun bersama dengan suami. Semoga kami selalu konsisten, demi masa depan anak-anak tercinta.

#komunikasi keluarga#forum keluarga1#hearing&sharing#kelas matrikulasi IIP batch 2#

Tinggalkan komentar