Kemandirian anak

Mengulang dan mengulang lagi, itu adalah kunci untuk membuat anak menjadi mandiri. Sebenarnya kegiatan untuk memandirikan anak kadang terlihat sepele, misalnya makan tanpa bantuan orang tua, memakai pakaian sendiri, memakai sepatu, menggosok gigi sendiri, merapikan dan meletakkan mainan sendiri. Tapi bagi anak2 itu adalah kegiatan yang asing sehingga harus dikenalkan dan selalu di ulang agar anak2 terbiasa. 

Tiap pagi ingin rasanya si adik mau makan sendiri tanpa disuapin, tapi apa daya si emak tidak sabar dan kadang ingin semuanya berjalan serba perfect di pagi hari :). Saat adik makan banyak nasi dan lauk yang berceceran, belum lagi makannya yang lamaa banget. 😦 . Rasanya kepala ini mau pecah. Padahal nanti juga ada yang beresin rumah. Kalo sadar dan sehat akal pikirannya si emak ya memang begitulah prosesnya, kalo sekarang tidak dilatih lalu kapan mengajarkan hal-hal dasar yang harus dikuasai sepanjang hidupnya nanti? 

Memang sungguh berat, mengendalikan kesabaran. Ambil nafas panjaaang dan mulai lagi melatih kegiatan yang ingin dikuasai adik. Diulang dan diulang lagi, mungkin sekarang makanan masih berantakan, mainan blm tertata rapi walaupun sudah mau mengembalikan sendiri pada tempatnya. Waktu yang di butuhkan masih cukup lama untuk melakukan satu kegiatan, tapi akan tiba saat yang membahagiakan yaitu saat anak2 mulai mandiri. Tidak lagi bergantung pada orang tua dan dapat mengambil keputusan.

#level 2.8

#bunsayiip

#kemandirian anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s