Kemandirian anak

Hari ke dua, mengingatkan adik untuk bisa membuka sendiri celananya saat pipis adalah tantangan tersendiri. Apalagi saat asyik nonton tv, pasti dia akan benar2 berlari saat sudah merasa ingin sekali pipis. Kalo sudah seperti itu, dengan terbiasanya dia dibantu pasti akan berteriak pipiiiss. Tanpa membuka celana langsung kekamar mandi dan kalo tdk segera dibukakan pasti akan ngompoll. 

Open mind harus segera dilancarkan nih, lalu saya bercerita akibat dari menahan air kencing. Pipis ya g ditahan akan menyebabkan terjadinya pengkristalan urin. Adik bertanya apa itu kristal, saya jawab itu seperti batu kecil2 atau seperti pecahan kaca. Lalu dia bertanya lagi, kenapa bisa jadi batu, saya jawab karena dalam pipis atau yang disebut urin itu banyak kotorannya. Kotoran kan harus dibuang tidak boleh disimpan. Kalo kotorannya disimpan bisa menyebabkan penyakit. Entah mengerti atau tidak tapi saya bercerita dengan wajah meyakinkan. Dan dengan duduk berdua disampingnya.

Ternyata, percakapan itu membawa hasil. Tiap ada gejala ingin pipis dia bilang pipiiis sambil buka celananya. Tapi hari ini dia melakukannya masih 1x sedangkan pipisnya 4x hehehe. 

Perkembangan yang cuma sedikit ini begitu berarti. Tetap semangat, semoga target bisa tercapai sebelum waktunya. 

Kemandirian untuk kakak

Hari kedua latihan kemandirian untuk kakak berjalan lumayan lancar, masih harua diingatkan untuk memasak nasi dan mengontrol nasi. 

Semoga kakak semakin rajin dan mandiri. Lebih peduli terhadap keluarga. 

#Level 2

#Bunsayiip

#chalange kemandirian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s